Selasa, 08 Juni 2010

Siang tadi saya dan 2 orang lainnya dari Vietnam dan Amerika di panel dalam international conference on people with disabilities and CRPD (Convention Rights of People with Disabilities). Ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya, Saya ketemu profesor disability dari Tample, Syracuse, pimpinan ADA, direktur Disabillityinstitute,org, Direktur Harvard Project on Disability dan seterusnya, masih banyak lagi orang2 keren yang aku temui di buku2 dan jurnal-jurnal.

Dalam bahasa inggeris yang Ndeso, saya agak deg-degan dan nervous. Pelan2 saya memulai presentasi saya ttg disability movemen yang kemudian di kaitkan dengan CRPD kaum difabel. Singkatnya presentasi saya bilang, kalau disability awarness di Indonesia sangat minim, bahkan jarang. kita punya 7-8% kaum difabel, itu artinya kita ada skitar 18-20 juta penduduk yang difabel..tapi kita adalah negara yang sangat renta, karena kita ada potensi gempa bumi, tsunami, dan seterusnya. tapi sayang disability awarness di Indonesia kurang.

Kenapa kurang? karena isu2 di Indonesia itu bagi saya masih tergantung dengan negara2 luar, negara negara besar. Isu perempuan dan isu pluralism sangat seksi di indonesia. Sumpah, di depan mereka gwe bilang..gara2 pristiwa WTC /11/10/2001 isu2 soal agama, dialog antar agama dan lainnya sangat membajiri kita dan disability issue hampir dilupakan publik Indonesia. Buktinya, setelah meretivikasi tak ada domestic law, bahkan aturan untuk pemilu kemarin juga presiden dan DPR tidak boleh difabel..gila ga seeeh..terus apa artinya tahun 2006 Indonesia meretivikasi CRPD. hohooh..

Kerry Tampson direktur disability rigths fund di amerika mendekati saya, dia Deaf. Lalu menawarkan kerjasama, dan sangat tertarik dengan indonesia. Lalu saya iyakan....(proposal akan saya ajukan kata saya hehehhe).

ini adalah pengalaman terhebat saya selama dalam karir saya sebagai aktivis difabel. Bertemu dengan puluhan orang aktivis difabel, pakar difabel, dan orang-orang difabel di Amerika. Thanks God atas kesempatan ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar